Mengenai Saya

Sabtu, 20 Agustus 2011

EMAIL

PENGERTIAN
Surat elektronik (disingkat ratel, ratron, surel, atau surat-e) atau surat digital atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris "e-mail atau email" (ejaan Indonesia: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).

a. Cara membuat email


1. Bukalah site mail.yahoo.com. Maka akan muncul halaman seperti di bawah ini. Kemudian klik "create new account".

yahoo

2. Maka akan muncul form pendaftaran yang berisi biodata data. Isi form tersebut serta anda bisa memilih nama email dan password sesuai keinginan anda.

form pendaftaran

3. Setelah anda mengisi form tersebut, anda akan menuju ke form konfirmasi seperti gambar berikut ini. Kemudian klik "lanjutkan" untuk melanjutkan.

konfirmasi pendaftaran

4. Anda sudah masuk ke email yahoo anda. Jika anda ingin keluar dari yahoo, sign out email anda untuk menghindari kejadian yang tidak anda inginkan.

masuk email anda 
Sumber : http://caramembuatemail.com/
b. Jenis email

POP Mail
Email jenis ini sama dengan email yang Anda terima dari ISP Anda (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor).

Kelebihan :
Kelebihan utama POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak connect ke internet). Untuk mengecek email, Anda perlu connect ke server POP mail Anda, lalu mendownload seluruh email yang ada. Setelah itu Anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email. Bila sudah siap dengan jawabannya Anda bisa connect lagi ke internet dan tekan Send. Untuk itu semua Anda harus menggunakan program client mail seperti Eudora atau Outlook Express.

Kekurangan
Kekurangan POP mail adalah Anda tidak bisa mengecek email Anda dari sembarang tempat.

Web Based email
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti Yahoo, Hotmail, BolehMail, LoveMail dan lain-lain.

Kelebihan
Anda bisa mengecek email Anda dari mana saja dan browser apa saja.

Kekurangan
Kekurangan utama dari email berbasis web adalah, untuk mengecek email Anda harus selalu terhubung ke internet. Bagi yang hanya menerima beberapa atau belasan email tentu nggak begitu terasa. Tapi bagi Anda yang menerima puluhan email atau bahkan ratusan email tentu akan terasa kekurangannya terutama dalam hal biaya (menambah biaya, karena harus selalu connect ke internet).

Email Forwarding
Email jenis ini akan terasa manfaatnya bagi Anda yang belum menemukan layanan email yang cocok alias suka gonta-ganti email. Pada prinsipnya email forwarding ini merupakan layanan email yang meneruskan email yang dikirim kepadanya ke account email Anda yang lain.

Kelebihan
Anda bisa menyembunyikan alamat email Anda yang sesungguhnya. Selain itu Anda juga tidak perlu memberi tahu email Anda yang baru (jika Anda sering gonta-ganti email). Yang Anda berikan cukup alamat email forwarding tersebut.

Kekurangan
Karena bersifat sebagai perantara, email tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tempat Anda.

Sumber : http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=3973&page=1

c. Cara mengecek, mengirim, dan membalas

Cara Mengecek Email Gmail Secara Mudah dengan Gmail Notifier

Bagi Anda yang malas membuka aplikasi email Gmail di browser atau sedang menantikan datangnya suatu e-mail yang penting Anda bisa menggunakan aplikasi Gmail Notifier yang akan memberitahu Anda bila ada email baru yang masuk. Menurut pihak Google, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengecek e-mail baru secara otomatis setiap dua menit, memantau isi singkat hingga 30 e-mail, memilih suara notifikasi ketika menerima e-mail baru, dan memanfaatkan Gmail sebagai aplikasi e-mail default Anda.

Setelah mengunduh aplikasi ini, akan hadir ikon amplop di system tray Anda yang kemudian bisa dipakai untuk menunjukkan informasi mengenai e-mail baru apa saja yang belum Anda cek. Caranya? Ikuti saja langkah-langkah berikut.
1. Unduh Gmail Notifier yang berukuran 292KB di http://toolbar.google.com/gmail-help…r_windows.html dengan mengklik tombol <Download Gmail Notifier for Windows>. Selain pengguna Windows (2000 atau XP), aplikasi ini juga bisa digunakan oleh pengguna Mac OS 10.4+.
2. Instal Gmail Notifier sampai nongol jendela yang meminta Anda memasukkan user name dan password. Isikan keduanya seperti layaknya Anda sedang log in ke Gmail. Centangi boks <Remember my password> jika Anda tidak ingin memasukkan informasi tersebut berulang kali.
3. Selamat! Kini Anda sudah siap memanfaatkan Gmail Notifier. Silakan cari ikon amplop di system tray Anda (bagian bawah kanan layar). Arahkan kursor ke sana, dan Anda akan mendapati informasi mengenai kondisi inbox Gmail Anda. Misalnya, jika tak ada e-mail baru yang masuk, akan muncul keterangan “No unread mail”. Sedangkan jika ada, akan diberitahu berapa jumlah surat elektronik yang ada di sana (contoh pada gambar: “21 unread conversations”).
4. Silakan klik kanan di ikon amplop tersebut. Untuk membuka aplikasi Gmail secara otomatis di browser, pilih menu <View Inbox>. Sedangkan jika ingin mengecek e-mail baru tanpa membuka browser, klik <Tell me Again>.
5. Setelah mengklik <Tell me Again>, akan muncul informasi singkat perihal setiap e-mail baru sesuai urutannya di inbox seperti nama pengirim, judul e-mail, dan isi e-mail sepanjang dua baris teks. Jika ada 21 e-mail baru di inbox Gmail Anda, berarti akan muncul pula 21 info singkat dari masing-masing e-mail secara bergantian di sisi paling kanan bawah layar. Tapi meski Anda tidak mengklik opsi ini, info singkat tersebut tetap akan muncul secara real time setiap kali ada e-mail baru masuk ke inbox atau memberitahu e-mail apa saja yang belum Anda buka ketika Anda menyalakan komputer.

Sumber : http://r3fin3.wordpress.com/2010/11/22/cara-mengecek-email-gmail-secara-mudah-dengan-gmail-notifier/

Cara Mengirim Email Melalui Yahoo

Seperti biasa tulisan ini ditujukan buat yang bertanya tentang bagaimana cara mengririm email melalui yahoomail.com ?  Setelah minggu kemarin telah membuat artikel tentang cara membuat email di Yahoo kini berlanjut kepada langkah selanjutnya yaitu Cara Mengirim Email Via Yahoo.com. 
Semoga bermanfaat untuk Anda yang masih mengalami kesulitan tentang cara mengirim pesan melalui email dari penyedia email gratisan di Yahoo.
Langkah langkah untuk mengirim email :
1. Login ke YahooMail.com atau klik Yahoo.com lalu klik menu mail. Masukkan username dan Password login nya. Seperti yang tercantum pada gambar di bawah ini :

2. Setelah masuk ke bagian dalam akun email Anda lalu klik menu Create yang ada pada pojok kiri halaman email. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini :

3. Setelah menklik menu Create atau New atau Buat akan tampil tampilan email seperti ini :

Kolom isian ;
1. To :
Diisi dengan alamat email yang di tuju. contohnya aayohan@gmail.com pastikan alamat email tersebut tanpa spasi, kesalahan satu karakter huruf seperti halnya mengirim SMS tidak akan terkirim.
2. CC : (diisi kalau diperlukan)
CC (copy carbon) alias salinan email kolom ini bisa diisi atau tidak. Fungsi kolom ini untuk mengirim email ke beberapa email sekaligus .  isi dengan alamat email tambahan jika ada alamat email lebih dari satu alamat email, contoh : emailteman1@gmail.com,emailteman2@yahoo.com (pisahkan dengan tanda koma) Anda juga bisa menambahkan BCC (Bling Copy Carbon)
pada menu yang ada disebelahnya.

Bcc bisa digunakan jika ingin orang yang dikirimi email tidak bisa mengetahui ke mana saja email tersebut anda kirimkan). Contoh kasusnya seperti ini, jika anda mengirim email ke 20 orang (alamat email), maka orang pertama tidak tahu ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian juga orang kedua tidak mengetahui ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian seterusnya.
Jika menggunakan Cc maka 20 orang yang anda kirimi email mengetahui ke mana saja anda kirim email tersebut.

3. Subject :
Kolom isian ini untuk judul atau topik email. Pastikan diisi untuk memperjelas kiriman email oleh penerima Email.
4. Content :
Pada kolom kosong dibawah isilah dengan isi email. Gunakan bahasa yang baik dan benar untuk memudahkan penerima email Anda.
4. Langkah terakhir yaitu klik tombol Send yang berada di atas kolom send. Selesai.  Proses selanjutnya proses pengiriman email yg berlangsung dalam hitungn detik.

Sumber : http://yohansalman.com/internet/cara-mengirim-email-melalui-yahoo/

 Bagaimana cara membalas pesan

Untuk membalas pesan yang Anda terima dalam Yahoo! Mail:
  1. Klik pesan untuk membukanya.
  2. Klik tombol "Balas" yang berada di atas Kotak Masuk. Jika Anda ingin membalas ke setiap orang yang menerima email (jika Anda adalah anggota kelompok yang menerima email tersebut), klik panah bawah di samping kanan tombol Balas, lalu pilih "Balas Ke Semua." Dengan cara ini, balasan Anda akan dikirim kepada semua penerima pesan asli dan juga ke pengirimnya.
  3. Jendela Tulis akan terbuka. Jika Anda ingin menambah lagi penerima lainnya, Anda dapat mengetikkan alamat email tambahan.
  4. Tergantung pada pengaturan "Tindakan Pesan" (lihat kotak di bawah), Anda akan melihat semua, sebagian, atau tanpa pesan asli si pengirim (pesan yang sedang Anda balas) di jendela Tulis. Untuk menyesuaikan pengaturan ini:
    1. Klik "Opsi" di sudut kanan atas halaman Yahoo! Mail Anda
    2. Di bawah "Manajemen" klik "Preferensi Umum."
    3. Anda dapat memilih, apakah Anda akan menyertakan semua, sebagian atau tanpa pesan asli dalam pesan balasan Anda. Jika Anda membuat perubahan,klik tombol "Simpan" di sudut kiri atas atau bawah.
    Jika Anda memilih untuk menyertakan pesannya, Anda akan melihatnya di jendela Tulis dengan simbol ">" yang diulang di bawah margin kirinya.
  5. Ketik balasan Anda. Jika Anda memilih untuk menyertakan pesan asli si pengirim dalam balasan Anda, Anda dapat mengetik di bagian atasnya, di bawahnya, atau bahkan di dalam pesan si pengirim itu sendiri -- untuk merespons secara ringkas pada bagian-bagian yang berbeda dari email mereka. Lihat contoh di bawah ini. Klik kursor di mana saja untuk mulai mengetik.
  6. Saran: Agar balasan Anda mudah dibaca, tekan Enter beberapa kali untuk menambahkan spasi. Dalam contoh ini, kami klik kursor setelah tanda tanya, lalu tekan Enter dua kali untuk menjawab pertanyaan: >selama tiga tahun. Omong-omong, bagaimana kabarnya Mike? Mike baik-baik saja! Nanti saya sampaikan salam kamu. >Kami kangen sama dia. Rumah tempat dia tinggali dulu yaitu
  7. Klik "Kirim" untuk mengirim balasan Anda.
Catatan: Jika Anda harus berhenti ketika Anda sedang menulis pesan, klik tombol "Simpan Draf" di samping kanan "Kirim." Dengan cara ini, pesan yang belum selesai Anda buat akan disimpan ke dalam map Draf. Lanjutkan lagi ketika Anda ingin menyelesaikannya.
Catatan: Sebelum meninggalkan komputer, sebaiknya klik link "Sign Out" di bawah tulisan "Selamat Datang, nama Anda." Dengan demikian, tidak ada yang bisa menggunakan (atau menyalah-gunakan) account Anda sewaktu Anda pergi.
Sumber : http://help.yahoo.com/l/id/yahoo/mail/yahoomail/basics/basics-32.html

d. Istilah-istilah di email 
Berikut ini istilah-istilah yang berhubungan dengan Email

  • Attachment file yaitu file yang disertakan atau dilampirkan ketika mengirim email.
  • Spam yaitu email yang tak diinginkan oleh si penerima yang dikirim oleh orang yang tidak kita kenal (biasanya berbau komersil, kadang juga politis).
  • Bounce (pentalan, mental) yaitu pesan yang dikembalikan kepada pengirim, baik karena alamat email penerima tidak benar atau karena sedang ada masalah konfigurasi di sisi penerima.
  • Bot yaitu software tertentu yang bertindak mewakili orang (dari kata roBOT).
  • Mailbot yaitu software tertentu yang membalas email secara otomatis.
  • Listbot yaitu software tertentu yang mengendalikan distribution list atau mailing list.
  • Listserver sama dengan listbot.
  • Subscribe yaitu mendaftarkan email kita sebagai peserta mailing list atau newsgroup.
  • Unsubscribe yaitu memutuskan hubungan dengan sebuah mailing list atau newsgroup.
  • Post yaitu mengirim email ke mailing list atau newsgroup.
  • Flame yaitu pesan kasar atau tidak sopan.
  • Bomb-mail yaitu pengiriman email dalam jumlah yang amat sangat besar/banyak secara sekaligus (biasanya menggunakan program khusus). Dalam dunia internet, perbuatan ini merupakan suatu kejahatan.
  • Compose sama fungsinya dengan New Mail atau Send yaitu untuk mengirim sebuah mail baru

Sumber : http://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/02/11/modul-internet-istilah-istilah-email/

 e. Etika penulisan email

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menulis email:

1.  Perhatikan siapa yang akan menerima email ini. Menulis email ke teman tentu berbeda dengan menulis email ke client atau ke atasan atau pada orang yang belum dikenal. Selalu lebih aman menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, hindari bahasa chatting/sms seperti: ga, kalo, dst. Kecuali jika Anda benar-benar yakin yang menerima email Anda tidak bermasalah dengan istilah tersebut.

2.  Gunakan salam, ada beberapa cara:
a. Assalamualaikum,  (jika kita yakin yang menerimanya adalah muslim)
b. Yth Pak Fulan,   (ini yang paling formal)
c. Pak Fulan ysh,   (formal juga)
c. dh,                  (cara paling singkat, dh=dengan hormat)
d. Pak Fulan,       

3. Jangan pelit menggunakan kata-kata: "tolong", "terimakasih".
4. Gunakan emoticon jika perlu untuk mencegah salah paham.
5. Perhatikan penggunaan tanda seru (perintah) dan KATA DENGAN HURUF KAPITAL (berteriak).
6. Sebelum mengirim, baca ulang untuk mengecek.

Contoh email yang baik  (ini email yang saya benar-benar terima dari anak SMA):
Quote
Assalamualaikum wr.wb.
Pak, saya mau bertanya. Apakah untuk bisa masuk ke jurusan ilkom hanya
bisa dengan SPMB? Apakah bisa dilakukan dengan cara mutasi? Jika bisa,
syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk mutasi? Terima kasih.
Assalamualaikum wr.wb.
 
Sumber : http://forum.upi.edu/v3/index.php?topic=3559.0
f. Mailing List

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Milis (bahasa Inggris: mailing list) adalah grup diskusi di Internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.
Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak.
Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers.
Berdasarkan topik diskusi, milis ada bermacam-macam. Ada milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya.
Penyedia layanan milis yang dikenal luas antara lain adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com.
Daftar untuk penggunaan milis dapat disebut sebagai daftar distribusi. Dalam milis yang legal atau tidak bermuatan spam, individu dapat berlangganan atau berhenti berlangganan sendiri.

Sejarah

Diskusi dan interaksi antarmanusia dapat dilakukan melalui jaringan Internet. Salah satu media yang paling sederhana untuk melakukan diskusi adalah e-mail menggunakan jasa mailing list server yang dapat menampung ribuan orang dalam berdiskusi melalui e-mail sekaligus.
Pada tahun 1987-1988, ketika Internet masih belum berkembang seperti sekarang ini, sekelompok kecil mahasiswa Indonesia di Berkeley, California, Amerika Serikat membentuk mailing list Indonesia yang pertama[rujukan?] dengan alamat e-mail indonesians@janus.berkeley.edu.
Berawal dari milis pertama di Janus diskusi-diskusi antar teman-teman mahasiswa Indonesia diluar negeri pemikiran alternatif berserta kesadaran masyarakat ditumbuhkan. Pola milis ini ternyata terus berkembang dari sebuah milis legendaris di janus, akhirnya menjadi sangat banyak sekali milis Indonesia terutama di host oleh server di ITB & egroups.com. Milis ini akhirnya menjadi salah satu sarana yang sangat strategis dalam pembangunan komunitas di Internet Indonesia.
Persatuan komunitas pelajar dan mahasiswa Indonesia di luar negeri terbentuk dengan adanya fasilitas diskusi maya ini. Awal diskusi sangat membangun dan berjiwa nasionalis. Tema-tema yang diangkat lebih banyak mengenai dialog antarumat beragama.

Beberapa Jenis Milis di Indonesia

Di samping mailing list bertema keagamaan, juga banyak terbentuk mailing list Indonesia yang sifatnya keilmuan seperti:
  1. pau-mikro@ee.umanitoba.ca – yang di kemudian hari menjadi mailing list awal para hacker (peretas) Indonesia.
  2. ids@listserv.syr.edu - jaringan kajian pembangunan Indonesia.
Dengan adanya Internet di Indonesia pada tahun 1993-1994 dan kepulangan para mahasiswa yang belajar di luar negeri ke Indonesia, mailing list Indonesia secara bertahap terbentuk di Indonesia. Dua buah komputer Pentium II di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang merupakan sumbangan Alumni Institut Teknologi Bandung telah menyumbangkan banyak jasanya untuk pembentukan awal komunitas maya Indonesia sehingga jumlahnya mencapai ratusan mailing list. Beberapa mailing list yang bertahan di ITB sampai hari ini adalah itb@itb.ac.id dan dosen@itb.ac.id.
Sebagian besar mailing list di atas telah menjadi sejarah. Keberadaan dan arsip banyak mailing list Indonesia di masa lalu dulu dapat dilihat di
Pada hari ini, forum komunitas maya Indonesia lebih banyak bertumpu pada fasilitas gratis yang diberikan oleh yahoogroups.com yang dapat diakses di http://groups.yahoo.com/ dan Google pada mesin http://groups.google.com/. Di Indonesia jasa diskusi mailing list gratis dilakukan oleh mesin http://groups.or.id/ yang diletakan di Internet Service Provider CBN.

Cara Menggunakan

  1. Mendaftar pada group yang diminati, biasanya terdapat pada yahoogroups.com. Pada tahap ini anggota baru akan diminta mengisi database agar informasi dari semua anggota terangkum dengan rapi.
  2. Mengirim pesan ke milis jika ada sesuatu yang ingin disampaikan seperti info lomba, berita kesehatan, dan lain-lain. Setiap anggota milis berhak menulis apa saja di milis asalkan berita tersebut akurat.
sangat membantu anda berlangganan dengan orang lain...

Kegunaan Milis

Melalui milis, dapat diketahui beragam informasi, mulai dari lowongan pekerjaan, lowongan magang, hingga berita-berita terbaru mengenai suatu isu yang sedang hangat diperbincangkan.

[sunting] Ciri Khas Milis

Milis dapat dikatakan mirip dengan forum internet karena sama-sama merupakan situs perkumpulan suatu kelompok dengan ketertarikan yang sama. Perbedaan milis dengan forum internet terletak pada adanya notifikasi yang didapat anggota milis pada email mereka masing-masing. Anggota milis dapat memilih apakah ia ingin setiap tulisan terbaru di milis masuk ke dalam notifikasi email mereka atau tidak.
Sebuah ''mailing list'' hanyalah merupakan daftar dari alamat ''e-mail'' orang yang tertarik pada subjek yang sama, adalah anggota dari kelompok kerja yang sama, atau yang mengambil kelas bersama-sama. Ketika seorang anggota daftar mengirim catatan ke grup alamat khusus, e-mail akan disiarkan ke semua anggota daftar. Kunci keuntungan dari milis atas hal-hal seperti diskusi berbasis web adalah bahwa sebagai pesan baru akan tersedia mereka segera disampaikan kepada para peserta ’kotak surat’.
Sebagian besar anggota milis merasa info-info dari milis tersebut hanya dapat memenuhi muatan email sehingga banyak yang memilih untuk tidak mendapatan notifikasi dari setiap info terbaru dari milis. Padahal, tidak semua orang sempat mengecek pembicaraan terbaru di milis sehingga notifikasi di email sebetulnya mempermudah anggota suatu milis agar mereka tak ketinggalan satu info pun.

Dua macam milis

Ada dua macam pengertian jenis milis.
  1. Sebagai daftar pengumuman, di mana sebuah "mailing list" yang digunakan banyak orang sebagai penerima untuk buletin, majalah atau iklan. Secara tradisional, hal ini dilakukan melalui sistem pos, tetapi dengan munculnya e-mail, milis elektronik menjadi populer.
  2. Sebagai sarana yang memungkinkan anggota untuk melakukan meng-unduh dan memuat data yang didapat kemudian disiarkan ke semua anggota milis lain. Kategori kedua ini biasanya dikenal sebagai daftar diskusi.

Listwashing

Listwashing (pembersihan data) merupakan sebuah proses di mana data individu dalam entri milis dihapus. entri data yang dihapus ini biasanya berisi alamat e-mail atau nomor telepon dari orang-orang yang belum secara sah mendaftar dalam milis tersebut. Sebuah entri dihapus dari daftar setelah keluhan diterima. Hal ini dilakukan karena seringkali ada e-mail berisi spam atau info-info yang dianggap tidak penting oleh orang yang mengajukan keluhan. Semua e-mail tersebut memenuhi kotak masuk (inbox) orang tersebut sehingga ia merasa terganggu dan merasa berhak meminta agar semua e-mail tersebut tidak dimasukkan lagi ke dalam milis.

Kelebihan

  1. Semua anggota di suatu milis dapat menerima informasi-informasi yang hanya disiarkan di milis tersebtu karena ketika seorang anggota di dalam daftar mengirim catatan ke grup tersebut, e-mail akan disiarkan ke semua anggota daftar.
  2. Para anggota milis akan selalu merasa terkinikan (up-to-date) dengan adanya diskusi berbasis web ini, yang membuat setiap berita yang masuk ke dalam milis menjadi pesan baru di setiap inbox anggotanya.

Kekurangan

  1. Milis kurang praktis untuk beberapa hal. Misalnya, setiap e-mail yang terkirim ke milis akan terkirim juga ke alamat e-mail pengirim. Apabila seseorang jarang membacanya, maka inbox e-mail yang bersangkutan akan penuh terisi milis. Padahal, kapasitas email sangat terbatas. Full inbox juga dapat membuat pesan-pesan non-milis terselip, sehingga tidak terbaca. Padahal, pesan tersebut bisa jadi sangat penting.
  2. Milis tidak bersifat interaktif untuk diskusi karena seseorang tidak dapat menggolongkan pesan berdasarkan temanya. Misalnya, untuk komunikasi internal sebuah organisasi, seseorang memerlukan semacam direktori, sehingga wacana atau informasi untuk bidang hubungan kemasyarakatan (humas) tidak bercampur dengan kesekretariatan. Atau agenda-agenda yang menjadi program humas dapat dibahas lebih terperinci.
  3. Milis merepotkan pengguna jika harus me-reply (menjawab) suatu pesan karena harus menyertakan pesan sebelumnya yang telah di-reply. Jika tidak, sulit bagi orang lain untuk mengetahui pesan mana yang sedang seseorang respons. Karena saat ini pengguna milis terpusat pada jasa yahoogroups.com, pengaksesan menjadi sangat lambat. Banyak lebar pita internasional tersedot karena hal tersebut.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Milis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar